banner 728x90

Standar Ukuran Lemari Pakaian 2 dan 3 Pintu

Ukuran Lemari Pakaian – Lemari Pakaian bukan hanya dijadikan sebagai tempat penyimpanan pakaian saja, tetapi dapat difungsikan juga untuk menambah estetika pada kamar tidur. Selain model, warna, dan material untuk membuatnya, ukuran lemari menjadi hal yang teramat penting untuk diselaraskan dengan ruang dimana ia akan diletakan.

Ketika membeli lemari pakaian pada toko furniture, sebagian besar mungkin hanya akan mengira-ira apakah lemari yang akan dibeli nantinya pas diletakan di kamar tidur atau tidak. Dengan kata lain hanya melihat ukuran lemari itu besar atau kecil.

 

Tetapi bagaimana jika menginginkan lemari pakaian dengan ukuran tertentu? Untuk mendapatkan lemari pakaian dengan ukuran tertentu atau yang disesuaikan dengan ukuran ruang dimana lemari itu akan diletakan, pastinya harus memesannya bukan?

Nah ketika memutuskan untuk memesan lemari pakaian langsung kepada pembuatnya, sebaiknya jangan sembarangan dalam menentukan ukurannya atau hanya sekedar dengan perkiraan semata. Janganlah hanya terfokus dengan ruang dimana lemari itu akan diletakan saja, tetapi ketahui lebih dulu ukuran standarnya agar nantinya dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Janganlah sampai mengurangi lebarnya hingga kurang dari batas minimalnya karena bisa membuat lemari pakaian tidak dapat difungsikan dengan baik.

Ukuran panjang standar lemari pakaian untuk satu pintu dengan bukaan biasa (engsel) adalah 50 cm – 60 cm, jadi jika 2 pintu berarti 100 cm – 120 cm, jika 3 pintu 150 cm – 180 cm, dan seterusnya. Lemari yang menggunakan daun pintu geser panjang minimalnya adalah 55 cm.

Ukuran lebarnya merupakan ukuran kedalaman lemari pakaian, standar ukurannya adalah 60 cm. Jika ingin menguranginya perlu mempertimbangkan pengaruhnya terhadap gantungan baju, yaitu kondisi baju ketika digantung dimana kemungkinan lengannya dapat terlipat ketika ukuran kedalam lemari kurang dari batas minimal.

Panjang gantungan baju (hanger) untuk orang dewasa biasanya berkisar antara 35 cm hingga 40 cm, sehingga lebar minimal lemari pakaian adalah 45 cm. Standar ukuran tinggi lemari pakaian adalah 180 cm – 200 cm, tetapin dapat juga disesuaikan dengan ruang di mana lemari pakaian itu akan diletakan.

Semakin tinggi berarti semakin banyak kapasitas penyimpanannya. Jika tidak menyesuaikan dengan tinggi ruangnya, idealnya disesuaikan dengan tinggi penggunanya agar mudah dicapai. Ambalan atau rak-rak pada lemari pakaian biasanya digunakan untuk menyimpan pakaian-pakaian yang telah dilipat.

Jarak antara ambalan yang satu dan lainnya (tinggi ambalan) berkisar 40 cm – 80 cm.

jangan asal menebak-nebak ukuran lemari pakaian apalagi sampai terlalu fokus pada posisi peletakan lemari. Berikut ini adalah cara standar menentukan ukuran lemari pakaian.

1. Standar ukuran lemari pakaian berdasarkan panjang

Ukuran panjang lemari dihitung berdasarkan jumlah pintu, mulai dari satu pintu hingga lebih dari 4 pintu, tergantung seberapa luas ruang kamar tidur Anda.

Untuk lemari dengan sistem buka biasa atau berengsel, standar ukuran lebar satu daun pintu berkisar antara 50 hingga 60 cm. Jadi, untuk lemari dua pintu, Anda harus mengalokasikan lahan untuk menaruh lemari minimal 100 hingga 120 cm untuk ukuran panjangnya.

Untuk lemari dengan sistem geser atau sorong, ukuran satu daun pintu bisa lebih lebar dari ukuran pintu lemari dengan sistem buka biasa, yaitu minimal 55 hingga 120 cm.

  1. Standar ukuran lemari pakaian berdasarkan tinggi

Tentukan ukuran lemari pakaian dari tingginya, yang kadang bisa mencapai plafon ruangan.

Pada umumnya, lemari  pakaian memiliki ukuran standar berkisar antara 180 hingga 200 cm. Ukuran tinggi ini menyesuaikan dengan tinggi badan penggunanya, sehingga benda-benda yang tersimpan dalam lemari dapat dijangkau lebih mudah.

Anda bisa menetapkan ketinggian lemari sesuai selera, ingin sesuai standar atau mungkin memilih desain floor-to-ceiling alias lemari tinggi yang menutup hingga plafon. Keuntungan memilih desain ini adalah kapasitas penyimpanannya akan bertambah banyak.

Menurut Forbes, desain lemari floor-to-ceiling bisa menjadi investasi, karena Anda bisa saja tak membutuhkan tambahan lemari untuk menyimpan barang di ruang tidur.

Ukuran lemari penuh hingga plafon biasanya memiliki ketinggian hingga 300 cm, namun ada pula rumah yang memiliki langit-langit dengan ketinggiannya mencapai 330 hingga 350 cm.

 

  1. Standar ukuran lemari pakaian berdasarkan lebar

Definisi lebar pada lemari adalah kedalaman ukuran lemari pakaian. Standar ukuran lemari pakaian berdasarkan perhitungan ini adalah 60 cm.

Jika memiliki kamar tidur mungil dan merasa ukuran lebar ini terlalu banyak memakan tempat, maka Anda dapat mengurangi sedikit ukuran lebarnya dengan menggunakan ukuran minimal di bawah standar, yaitu 45 cm.

Namun, pertimbangkan juga efek sampingnya terhadap pakaian-pakaian yang Anda gantung dalam lemari tertutup. Jika lemari Anda memiliki pintu berengsel, maka luas ukuran lebar lemari tersebut akan bertambah setidaknya 50 cm lagi saat pintu itu dibuka penuh.

banner 728x90

Posting Terkait "Standar Ukuran Lemari Pakaian 2 dan 3 Pintu"

Cara Memilih Sofa Minimalis untuk Ruang Tamu Terbaru 2020
Model sofa minimalis terbaru untuk ruang tamu